Supplier Bibit Kentang Unggul Berkualitas

//Supplier Bibit Kentang Unggul Berkualitas

Supplier Bibit Kentang Unggul – Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat dengan kadar gula yang agak rendah dan memiliki cukup banyak peminat, termasuk di Indonesia. Berbagai olahan kentang pun banyak digemari oleh masyarakat, terutama yang sedang dalam program diet.

Jika Anda salah satu penggemar kentang dan sedang mencari supplier bibit kentang, Anda bisa langsung menghubungi kami.

Kami menyediakan bibit kentang unggulan yang sangat baik dan tepat untuk dibudidayakan di Indonesia.

#Budidaya Kentang

Sebelum menuju supplier bibit kentang untuk mendapatkan benih-benih berkualitas terbaik, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu mengenai budidaya kentang. Pada umumnya, hampir di seluruh Indonesia memiliki kandungan tanah serta cuaca yang cocok untuk menanam kentang. Kentang biasanya tumbuh dengan baik di tempat yang bercurah hujan sedang, yaitu 1500 mm/tahun.

Penyinaran tanaman ini sebaiknya 9-10 jam per hari dengan suhu optimal 18-21 derajat celcius dan kelembaban 80-90%. Tanah gembur dengan pH 5.8-7.0 dianggap paling baik dijadikan media tanam, terutama di ketinggian antara 1.000-3.000 mdpl.

Persiapan Lahan

Selanjutnya yang perlu Anda persiapkan adalah lahan yang sesuai dengan persyaratan tadi agar dapat menghasilkan kentang yang berkualitas. Pembajakan dilakukan dua kali demi mendapatkan tanah yang gembur dan kaya humus. Untuk membuat tanah kaya akan udara, buatlah semacam undakan sehingga letak tana untuk menanam lebih tinggi.

Proses meninggikan tanah sebagai media tanam tidak sulit, cukup dengan mencangkulnya saja. Akan lebih baik jika tanah tersebut dicampur dengan pupuk alami. Seperti pupuk kandang dari kotoran hewan maupun pupuk organik sehingga tanah memiliki nutrisi yang lebih banyak.

Bibit kentang yang baik berasal dari umbi produksi dengan bobot sekitar 30 hingga 50 gram dan berusia 150 sampai 180 hari. Pilihlah bibit berukuran sedang memiliki 3 hingga 5 tunas, tidak cacat, berasal dari varitas unggul dan hanya sampai generasi keempat. Umbi bisa ditanam setelah atau tanpa dilakukan pembelahan. Pemotongan umbi bisa dilakukan sebanyak 2 sampai 4 potong, menyesuaikan mata tunas yang dimiliki. Kemudian tunas yang berukuran kurang lebih 2 cm bisa ditanam, namun sebaiknya direndam dulu di POC NASA selama 1-3 jam.

Untuk penanaman kentang sebaiknya dilakukan satu minggu setelah lahan siap. Untuk melakukan penanaman, kuburlah bibit sedalam kurang lebih 8 cm di bawah tanah, usahakan agar bibit tidak terkubur terlalu dalam. Posisikan tunas menghadap ke langit sehingga ketika bibit dikubur, tunas tersebut tetap terlihat di atas permukaan tanah. Langkah selanjutnya adalah menyemprot tunas tadi dengan pastisida sehingga ia dapat bertahan dari hama di awal masa penanamannya.

Agar menghasilkan panen yang optimal, tentu diperlukan perawatan intensif berupa pemupukan dan penyiangan. Sebaiknya kentang dipupuk selama 20 hari sekali dengan penyiraman secukupnya dan tidak berlebihan. Anda juga harus rajin membersihkan lahan penanaman kentang dari rumput dan serangga yang mungkin mengganggu tanaman Anda. Apabila tanaman kentang Anda mulai berbunga, lakukanlah pemangkasan sehingga pertumbuhan umbi tidak terganggu.

supplier bibit kentang

#Cara Menanam Kentang di Polybag

Seiring berjalannya waktu, semakin sulit ditemukan lahan kosong yang bisa dijadikan media tanam, terutama di kota-kota besar. Untuk itu melakukan cocok tanam dengan polybag bisa menjadi solusi. Termasuk jika Anda ingin membudidayakan tanaman kentang.

Cara menanam kentang di Polybag tidaklah rumit dan hampir sama seperti penanaman di lahan. Langkah pertama adalah mengisi polybag dengan tanah yang telah dicampur pupuk kompos. Kemudian letakkan bibit yang telah memiliki tunas di polibag sedalam kira-kira 12 cm dengan tunas yang muncul di permukaan.

Polybag tidak perlu diisi penuh, cukup 2/3 dari volume saja dan lipat ke luar sisa polibag tersebut. Anda bisa meletakkan 2 sampai 3 benih kentang dalam satu polybag. Setelah berumur satu bulan, tambahkanlah media tanam sedikit demi sedikit mengikuti pertumbuhan dan tinggi tanaman. Hal ini untuk menghindari paparan sinar matahari pada umbi kentang yang dapat membuatnya berwarna kehijauan dan mengandung racun.

Untuk menghasilkan umbi yang baik, letakkanlah polybag tersebut di daerah yang mendapat pencahayaan yang cukup. Kentang juga lebih mudah dibudidayakan di dataran tinggi dengan kelembaban yang sesuai. Dan jangan lupa untuk menyiram kentang setiap hari dan memberi pupuk secara rutin setiap 20 hari sekali.

#Masa Panen Kentang

Masa panen kentang memang membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama. Umumnya kentang bisa dipanen setelah 150 hingga 190 hari setelah masa tanam. Kentang yang siap panen akan memiliki daun dan batang yang berwarna kekuningan.  Kulit umbi yang siap panen juga akan lekat dengan dagingnya dan tidak mudah terkelupas. Apabila Anda menanam menggunakan polybag, robeklah wadah tersebut dari atas hingga bawah secara hati-hati agar kentang tidak terpotong.

#Hubungi Kami

Jika Anda sedang mencari supplier bibit kentang yang menyediakan kualitas terbaik, maka Anda bisa mendapatkannya di sini. Silakan hubungi kami melalui alamat Jalan Kertek-Parakan Km.8, Reco, Kertek, Wonosobo, Jawa Tengah nomor telepon: (0286) 3321510 dan handphone: 08112698744.

Demikianlah cara budidaya kentang yang bisa Anda lakukan di rumah. Sebagai supplier bibit kentang, tentu kami selalu menyediakan benih-benih yang berkualitas terbaik. Dengan demikian Anda dapat menghasilkan kentang berkualitas terbaik pula.

2019-07-10T13:24:55+00:00 Berita Terbaru|0 Comments

Leave A Comment