Kandungan Gizi Kentang Bagi Kesehatan

//Kandungan Gizi Kentang Bagi Kesehatan

Kentang yang menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia ini mempunyai kandungan  gizi yang sangat beragam. Satu butir kentang dengan ukuran sedang, didalamnya terdapat 110 kalori. Selain mempunyai kandungan gizi yang sangat beragam, kentang juga menjadi makanan yang tepat untuk diet.

Karena didalam kentang sama sekali tidak terkandung natrium dan kolesterol yang bisa menambah berat badan. Nah, berikut ini beberapa kandungan gizi kentang yang perlu anda ketahui.

Kandungan Gizi Kentang

Kandungan Vitamin C

Kandungan gizi kentang yang lain yaitu terdapat vitamin C yang lebih banyak dibandingkan tomat atau ubi jalar kentang. Dengan mengkonsumis kentang, anda bisa mencukupi hingga 45% kebutuhan vitamin c harian. Kegunaan Vitamin C yaitu sebagai agen antioksidan penangkal radikal bebas dan menjaga kekebalan tubuh terhadap infeksi.

Kandungan Serat

Anda bisa mencukupi 8% kebutuhan serat harian dalam tubuh dengan mengkonsumsi kentang dengan ukuran sedang. Serat kentang ini merupakan senyawa karbohidrat kompleks yang terkandung dalam berbagai jenis tumbuhan yang tidak bisa di serap dalam aliran darah. Dengan adanya serat dalam makanan yang dikonsumsi, berat badan dan  kolesterol darah bisa menurun.

Kandungan Potasium (Kalium)

Mengkonsumsi kentang ukuran sedang bersama kulitnya, mampu menyediakan 619 miligram kalium atau hampir sekitar 18% kebutuhan kalium terpenuhi. Kalium menjadi mineral yang sangat penting dalam mengatur keseimbangan keluar masuk cairan pada sel tubuh. Selain itu, kalium pada kentang juga membantu menjaga tekanan darah tetap normal dan transmisi impuls-impuls saraf. Sangat baik bagi anda yang ingin diet atau menderita penyakit darah tinggi.

Kandungan Zat Besi

Kandungan gizi kentang yang tak kalah pentingnya adalah kandungan zat besi. Kentang dengan ukuran sedang dapat memenuhi kebutuhan harian anda sebanyak 6%. Zat besi ini menjadi komponen utama dari hemoglobin yang berperan membawa oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, zat besi juga berperan dalam sel-sel tubuh dalam membantu kerja sistem enzim dan sistem tubuh secara keseluruhan. Jika anda kekurangan zat besi, anda bisa menderita penyakit anemia.

Kandungan Vitamin B6

Kebutuhan harian anda pada Vitamin B6 akan tercukupi 10% dengan mengkonsumsi kentang dengan ukuran sedang. Vitamin B6 yang terkandung pada kentang sangat membantu dalam dalam proses metabolisme protein dan karbohidrat dalam tubuh. Selain itu, vitamin ini juga akan membantu tubuh dalam membuat asam amino yang diperlukan oleh tubuh.

Kandungan Karbohidrat

Selain beberapa kandungan gizi yang disebutkan diatas, kandungan gizi kentang yang lainnya adalah kandungan karbohidratnya sekitar 26 gram pada kentang ukuran sedang. Ketika anda rutin memakan kentang setiap hari, tentu kandungan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh akan terpenuhi. Bentuk dominan dari karbohidrat sendiri berbentuk pati. Pati ini yang mampu bertahan terhadap pencernaan oleh enzim dalam lambung dan usus kecil. Dengan begitu, sampai pada usus besar dasarnya tetap utuh.

Kandungan lain yang terdapat pada kentang yaitu vitamin, mineral, dan bermacam-macam phytochemical. Misalnya terdapat arotenoid dan polifenol, riboflavin, folat, niacin, magnesium, fosfor, besi, dan seng. Kandungan gizi kentang bagi kesehatan tubuh sangat banyak. Agar anda memperoleh kentang yang berkualitas, alangkah baiknya anda memilih kentang dieng yang jelas kualitasnya. Untuk mendapatkan kentang dieng dieng berkualitas bisa langsung segera hubungi kami. Tidak hanya kentang dieng saja, kami juga jual bibit kentang yang unggul bagi anda yang ingin menanamnya.

2018-10-29T06:31:50+00:00 Uncategorized|0 Comments

Leave A Comment