Harga Bibit Kentang Unggul dan Berkualitas

//Harga Bibit Kentang Unggul dan Berkualitas

Harga Bibit Kentang Unggul – Ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan, salah satunya melalui menanam aneka sayuran. Kentang salah satu umbi-umbian yang mudah dalam perawatan namun cukup banyak dicari sehingga sangat menguntungkan.

Harga bibit kentang saat ini cukup bervariasi, tergantung jenis dan pembentukan benih tersebut. Namun Anda juga bisa membuat sendiri benih kentang yang berkualitas.

#Benih Kentang Unggul

ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan bibit kentang dengan tingkat kemudahan dan kualitas yang bervariasi. Cara pertama adalah melalui umbi yang berumur sekitar 150 sampai 180 hari dengan bobot 30 hingga 50 gram. Pilihlah umbi yang baik, tidak cacat, berasal dari varitas unggul dengan ukuran sedang, dan memiliki tunas sekitar 3 sampai 5. Untuk membuat benih kentang unggul, gunakanlah umbi sebagai bibit hanya sampai generasi keempat.

Setelah mendapatkan umbi terbaik, simpanlah di dalam rak atau peti dan letakkan di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Kelembaban udara sebaiknya mencapai 80 sampai 95% dengan lama penyimpanan bervariasi, tergantung suhu ruangan. Jika suhunya rendah, benih harus disimpan selama 6 sampai 7 bulan. Namun jika suhunya mencapai 25 derajat celcius, umbi kentang cukup disimpan selama 5 sampai 6 bulan saja.

Bibit siap ditanam setelah memiliki tunas sepanjang 2 cm dengan dibelah terlebih dahulu atau dibiarkan utuh. Pembelahan dilakukan hingga 2 sampai 4 potong, tergantung banyaknya mata tunas yang dimiliki oleh kentang tersebut. Sebelum ditanam, umbi yang telah dibelah direndam terlebih dahulu di dalam larutan Dithane M-45 selama 5 sampai 10 menit.

Selain melalui umbi, Anda juga bisa menghasilkan benih kentang melalui stek batang. Pilihlah tanaman yang daunnya belum muncul sebagai tanaman induk dan potong batangnya sepanjang 2 sampai 3 cm di atas tanah. Kemudian potongan tadi dipotong lagi sampai terdiri dari satu bakal tunas dan daun. Setelah itu stek sudah bisa ditanam di media berupa tanah yang telah dicampur dengan pupuk kompos dengan keadaan tunas di bawah permukaan media.

Saat penanaman upayakan untuk menghindari overlaping daun dan berilah jarak yang cukup antar tanaman. Umumnya jarak terbaik adalah sekitar 7 sampai 8 cm, tergantung lebar daun yang terdapat pada benih. Selanjutnya tekan-tekan media tanam agar terjadi kontak dengan stek yang sedang ditanam. Lakukanlah penyiraman dengan semprotan halus dan berikanlah naungan pada tanaman sehingga tidak mendapat penyinaran yang berlebihan.

Cara selanjutnya yang dianggap paling baik dan tahan penyakit adalah menggunakan kultur jaringan. Akan tetapi cara ini sangat rumit untuk dipraktekkan dan biasanya hanya dilakukan oleh pakarnya saja. Untuk memperoleh bibit kentang yang menggunakan teknik kultur jaringan, cobalah membeli di toko pertanian terdekat.

harga bibit kentang

#Harga Bibit Kentang

Saat ini memang harga pasaran bibit kentang sedikit mahal, yaitu bisa mencapai 22.000 per kilogram. Namun harga tersebut juga masih menyesuaikan dengan ukuran besar kecil bibit serta varietas dari benih tersebut. Harga benih juga menyesuaikan kategori dari bibit itu sendiri. Bibit dengan generasi ketiga dan keempat, yang biasa disingkat menjadi G-3 dan G-4 adalah yang paling baik sehingga dijual dengan harga lebih mahal.

#Harga Bibit Kentang Super

Kentang super merupakan kentang yang memiliki ukuran cukup besar. Umumnya setiap satu kilo bisa terdiri dari 3 hingga 4 kentang. Saat ini harga bibit kentang super berkisar 14.000 sampai 20.000 rupiah per kilogram. Namun harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung dari persediaan kentang yang dimiliki.

#Harga Bibit Kentang Granola

Kentang granola merupakan salah satu jenis kentang yang cukup digemari karena memiliki kandungan air yang tinggi sehingga cocok digunakan sebagai kentang rebus. Rasa Kentang Granola juga sangat pulen dan manis karena memiliki kandungan karbohidrat 20% sehingga cocok di lidah orang Indonesia. Kelebihan lain dari kentang jenis ini adalah ketahannya terhadap PVA, PLRV, serta peka terhadap busuk daun dan layu bakteri. Kentang Granola memiliki masa tanam yang tidak terlalu lama hingga waktu panen tiba, yaitu sekitar 110 sampai 115 hari saja.

Harga bibit kentang granola bervariasi dan bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung keadaan pertanian di Indonesia. Untuk benih Kentang Granola I, G-0 berukuran S, M,  dan L dijual seharga 1.750 rupiah per knol. Benih Kentang Granola I, G-1 dengan ukuran S, M, dan L memiliki harga 1.350 rupiah per knol. Sedangkan benih Kentang Granola I, G-3 dengan ukuran S, M, dan L dikenai harga 15.000 rupiah per kilogram. Dan benih Kentang Granola I, G-4 dapat dibeli dengan harga 12.000 rupiah per kilogram.

Untuk mendapatkan benih kentang yang berkualitas, tentu Anda harus memilih toko yang terpercaya, dan salah satunya adalah milik kami. Silakan kunjungi kami di Jalan Kretek Parakan Km. 8, Reco, Kretek, Wonosobo, Jawa Tengah. Atau hubungi kami melalui nomor telepon (0822-3333-5523). Harga bibit kentang yang kami tawarkan cukup bersaing dan dijamin tidak akan membuat Anda merasa rugi di kemudian hari.

2019-07-10T13:26:24+00:00 Berita Terbaru|0 Comments

Leave A Comment