Distributor Bibit Kentang Unggul dan Berkualitas

//Distributor Bibit Kentang Unggul dan Berkualitas

Distributor bibit kentang – Bercocok tanam merupakan sala satu kegiatan yang cukup menyenangkan dan dapat menghasilkan pendapatan yang tidak sedikit. Salah satu tanaman yang baik untuk dibudidayakan di Indonesia adalah kentang.

Tentunya diperlukan bibit terbaik agar menghasilkan umbi yang berkualitas pula.

Kami adalah distributor bibit kentang terpercaya yang akan menyediakan seluruh kebutuhan Anda.

#Asal Bibit Tanaman Kentang

Untuk menghasilkan bibit kentang yang berkualitas, terdapat beberapa cara yang bisa diambil. Asal bibit tanaman kentang tersebut bisa melalui stek batang, dengan menggunakan umbi, ataupun dengan teknik kultur jaringan. Setiap cara tersebut dapat Anda praktikkan sendiri di rumah maupun membeli produk jadinya di distributor bibit kentang.

#Cara Membuat Bibit Kentang

Untuk membuat bibit kentang, cara yang paling mudah sepertinya dengan melalui umbi. Hanya bibit yang ditanam melalui umbi memerlukan waktu yang cukup lama dalam proses pembuatan benihnya. Umbi yang dipilih adalah yang berbobot 30 hingga 50 gram dan berumur sekitar 150 sampai 180 hari, tergantung dari varietas. Upayakan untuk memilih umbi yang berukuran sedang dengan 3 sampai  5 mata tunas, tidak cacat, baik, dan dari varitas unggul. Gunakan umbi sebagai bibit hanya sampai generasi keempat.

Umbi terbaik tadi disimpan di dalam rak atau peti di dalam ruangan yang memiliki sirkulasi udara baik dengan kelembaban udara 80-95%. Jika ruangan penyimpanan bersuhu rendah, bibit harus dibiarkan selama 6 sampai 7 bulan. Sedangkan apabila suhu ruangan berkisar 25 derajat celcius, bibit disimpan selama 5 sampai 6 bulan.

Setelah umbu memiliki tunas sepanjang 2 cm, bibit siap untuk ditanam. Anda bisa melakukan pembelahan menjadi 2 hingga 4 potong tergantung mata tunas yang ada. Umbi yang telah dibelah harus direndam dulu dalam larutan Dithane M-45 selama 5 sampai 10 menit sebelum ditanam. Melakukan pembelahan akan membuat Anda memiliki bibit yang lebih banyak sehingga dapat berhemat. Akan tetapi hasil panen menjadi lebih sedikit jika dibanding tanpa pembelahan.

#Pembuatan Bibit Kentang dengan Cara Stek

Cara membuat bibit kentang selanjutnya adalah melalui stek batang. Tanaman yang paling tepat untuk dijadikan tanaman induk adalah yang daunnya belum muncul. Potong batang kentang sepanjang 2 hingga 3 cm di atas tanah. Setiap potongan tersebut dipotong lagi sehingga terdiri dari satu daun dan bakal tunas.

Letakkan stek pada media tanam berupa tanah yang telah dicampur pupuk kompos dengan tunas di bawah permukaan media dan hindari overlaping daun. Jarak tanam stek tergantung pada lebaar daun dan biasanya sekitar 5 sampai 7 cm. Tekan-tekan media tanam agar terjadi kontak dengan stek. Siram dengan semprotan halus dan hindari penyinaran berlebihan dengan menggunakan naungan.

Sedangkan teknik kultur jaringan adalah salah satu cara dipercaya dapat menghasilkan benih yang bebas virus. Pembuatannya cukup rumit dan hanya bisa dilakukan oleh pakarnya. Cobalah menuju distributor bibit kentang untuk memperoleh benih bebas virus yang berasal dari teknik kultur jaringan.

jual benih kentang

#Cara Menanam Kentang di Pot

Saat ini keterbatasan lahan bukanlah menjadi alasan untuk berhenti bercocok tanam. Sayur-sayuran bisa dengan mudah dibudidayakan di pot, polybag, atau wadah-wadah bekas seperti karung dan sebagainya. Dengan demikian Anda bisa memiliki halaman yang hijau dan sekaligus menyelamatkan kantong Anda karena telah memiliki sayuran sendiri.

Tanaman kentang paling baik dibudidayakan di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 700 mdpl. Kelembaban suhu serta pencahayaan juga harus tepat agar dapat menghasilkan umbi berkualitas tinggi. Dan tentu saja salah satu faktor keberhasilan dalam menanam kentang adalah benih yang berkualitas.

Cara menanam kentang di pot sangat mudah dan praktis. Yang perlu Anda siapkan adalah pot, media tanam berupa tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang, dan benih kentang. Benih tersebut bisa Anda peroleh di distributor bibit kentang.

Pastikan pot yang Anda gunakan telah memiliki lubang yang cukup sehingga drainasenya berjalan dengan baik dan mencegah pembusukan umbi. Letakkan 3 sampai 4 bibit kentang di dalam satu pot dengan kedalaman 7 cm. Agar umbi tidak terpapar sinar matahari yang menyebabkan ia berwarna hijau dan beracun, tambahkan media tanam setelah sebulan penanaman.

Sebagaimana tanaman lain, kentang juga memerlukan perawatan intensif hingga masa panen tiba. Lakukanlah penyiraman setiap hari, menyesuaikan dengan kelembaban media tanamnya. Jangan lupa untuk memastikan drainase dari pot tersebut selalu lancar.

Kentang bisa dipanen setelah 3 hingga 4 bulan pasca penanaman. Ciri-ciri tanaman yang telah siap panen adalah batang dan daun yang telah kering dan berwarna kekuningan. Ketika itu kulit umbi telah kuat sehingga kentang tidak mudah busuk setelah dipanen. Cara panennya bisa dengan menghancurkan pot atau dengan menarik perlahan-lahan batang kentang hingga buahnya keluar. Sebaiknya sebelum ditarik, terlebih dahulu media tanam digemburkan secara hati-hati dengan menggunakan pisau atau sekop kecil.

#Hubungi Kami

Kami adalah distributor bibit kentang yang siap menyediakan benih berkualitas terbaik. Hubungi kami di nomor telepon (0286) 3321510 dan handphone: 0822-3333-5523. Anda juga bisa langsung mendatangi kami di Jalan Kretek Parakan Km.8, Reco, Kretek, Wonosobo, Jawa Tengah.

2019-07-10T13:26:46+00:00 Uncategorized|0 Comments

Leave A Comment