Agen Bibit Kentang Unggul Berkualitas

//Agen Bibit Kentang Unggul Berkualitas

Agen Bibit Kentang Unggul  – Menanam kentang tampaknya bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengisi waktu luang yang sekaligus dapat menambah penghasilan. Mengingat kentang merupakan salah satu makanan yang cukup digemari di Indonesia, terutama yang sedang menjalani program diet.

Untuk menghasilkan umbi kentang berkualitas tinggi dan bebas penyakit, tentu diperlukan benih terbaik. Anda bisa mendapatkannya di agen bibit kentang milik kami yang beralamat di Wonosobo.

#Budidaya Kentang Granola

Kentang Granola merupakan salah satu jenis kentang yang saat ini cukup laris di pasaran karena ukurannya lebih besar dan berkualitas. Untuk mendapatkan benihnya, Anda bisa menemui agen bibit kentang. Kentang granola memiliki kandungan pati rendah dengan kandungan air yang tinggi bahkan lebih dari 30%. Karena kandungan air yang tinggi tersebut, Kentang Granola memiliki rasa yang lebih enak jika dijadikan kentang rebus. Hal ini dikarenakan pori-porinya sulit mengeluarkan air ketika sedang dimasak sehingga menghasilkan rasa yang pulen dan manis.

Kentang Granola berasal dari introduksi Jerman Barat dengan nama latin Solanum tuberosum L. Pertama kali Kentang Granola tiba di indonesia sekitar abad ke 17 atau 18 dan dibawa oleh Bangsa Eropa. Kentang Granola ini bisa dipanen setelah berusia sekitar 110 hingga 115 hari dengan tinggi tanaman mencapai 60 sampai 70 cm. Kandungan karbohidrat di dalam sebuah Kentang Granola mencapai 20%. Kentang Granola ini tahan terhadap PVA, PLRV, serta peka terhadap layu bakteri dan busuk daun.

Proses Penanaman

Budidaya kentang granola bisa dimulai seminggu setelah pengolahan lahan dan pembuatan bedengan. Langkah pertama adalah meletakkan pupuk kandang dosis 0.5 kg hingga 0.8 kg per titik dalam alur berjarak 25-30 cm. Umbi bibit diletakkan satu per satu di atas pupuk kandang lalu diberi pupuk buatan 15 gram per tanaman yang berupa campuran urea dengan SP36. Berikan juga furadan di atas umbi tadi. Umbi sebaiknya dibenamkan sedalam 15-20 cm ke dalam tanah dengan jarak 25 x 80 cm atau 30 x 70 cm.

Untuk menghasilkan umbi terbaik perawatan harus terus dilakukan secara rutin. Mulai dari menyiang gulma, penyiraman, memberi pupuk susulan, hingga mengendalikan organisme pengganggu tanaman (OPT). Setelah kentang berusia 110 hingga 115 hari, umbi yang dihasilkan sudah bisa dipanen. Untuk menghindari kerusakan mekanis ketika panen, angkatlah umbi secara hati-hati menggunakan garpu tanah. Sebelumnya lakukan pencangkulan tanah di sekitar umbi agar kentang lebih mudah dicabut, dan kumpulkan hasil panen di tempat yang teduh.

#Cara Menanam Kentang Hidroponik

Tanaman hidroponik adalah teknik bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah namun menggunakan air yang telah dicampuri nutrisi. Kentang merupakan salah satu tanaman yang bisa dibudidayakan melalui teknik hidroponik ini. Cara menanam kentang hidroponik sangat sederhana dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Alat yang harus Anda siapkan adalah umbi kentang, wadah untuk menanam, tusuk gigi atau lidi, dan cairan nutrisi berupa AB Mix. Langkah-langkah untuk menanam kentang hidroponik yang pertama adalah mencuci umbi kentang dengan air hingga bersih. Selanjutnya umbi kentang yang utuh ditusuk dengan menggunakan lidi atau tusuk gigi, Anda juga bisa membelah kentang menjadi 2 bagian. Penusukan ini dimaksudkan sebagai penaahan agar umbi kentang tidak terendam seluruhnya saat diletakkan di wadah.

Selanjutnya, wadah yang telah disiapkan untuk menanam tersebut diisi dengan cairan nutrisi. Kemudian letakkan kentang pada wadah berisi nutrisi dengan posisi setengah umbi terendam dan sisanya dibiarkan menjulur keluar wadah. Agar pertumbuhan daun dan batang lebih baik, letakkanlah kentang hidroponik tersebut di tempat yang mendapat pencahayaan baik.

agen bibit kentang

#Cara Menanam Kentang Organik

Berbeda dengan hidroponik, tanaman organik merupakan tanaman yang mengandalkan bahan alami tanpa penggunaan produk kimia sintetis. Penanaman dengan cara ini dipercaya dapat menghasilkan tanaman yang lebih sehat dan ramah lingkungan. Cara menanam kentang organik pun tidak sulit dan benihnya bisa didapatkan di agen bibit kentang terdekat.

Tanah yang digunakan harus gembur, jika tanahnya padat, lakukan pembajakan dengan kedalaman 30 cm dan biarkan selama 2 sampai 3 hari. Kemudian garuk tanah tadi sedalam 5 cm dan biarkan satu minggu untuk memperbaiki sistem aerasi tanah. Tanah tadi selanjutnya dicampur dengan pupuk kandang sebanya 20 sampai 50 ton oer hektar denga cara dibuat lubang-lubang. Dengan demikian pupuk tidak mudah tergerus atau hanyut ketika terkena air hujan.

Sebelum ditanam, bibit kentang harus disimpan sekitar 3 bulan hingga tunas tumbuh kira-kira sepanjang 2 cm. Kemudian tanamlah umbi dengan jarak 20 sampai 30 cm. Sebagaimana tanaman lain pada umumnya, kentang juga harus disiram untuk menambah kelembaban tanah. Pembersihan gulma juga diperlukan agar tidak mengganggu pertumbuhan dan membuat hasil panen berlimpah. Umimnya kentang berumur 80 hingga 120 hari sudah bisa dipanen, tergantung pada jenis varietas, musim, serta tinggi lahan saat menanam.

Menanam kentang memang tidak rumit dan hasilnya juga cukup memuaskan. Anda bisa menemui agen bibit kentang milik kami yang beralamat di Jalan Kretek Parakan Km.8, Reco, Kretek, Wonosobo, Jawa Tengah. Kami jual bibit kentang terbaik dari berbagai varietas.

2019-07-10T13:27:05+00:00 Uncategorized|0 Comments

Leave A Comment